𝗙𝗘𝗔𝗧𝗨𝗥𝗘 𝗧𝗔𝗡𝗣𝗔 𝗠𝗔𝗡𝗙𝗔𝗔𝗧, 𝗧𝗔𝗞 𝗕𝗘𝗥𝗚𝗨𝗡𝗔

Pound Cake, Butter Cake, Sponge Cake dan Chiffon Cake meski relatif sama bahan baku yang digunakan (tepung, telur, gula dan butter/minyak sayur), namun menghasilkan tekstur dan kandungan lemak yang berbeda.

 

Kita dapat memanfaatkan perbedaan ini untuk menciptakan produk category untuk usaha kita, jika kita bisa menentukan Unique Selling Proposition.

 

Cindy Barnes, Helen Blake & David Pinder (2009) menyatakan Feature, Advantage & Benefit (FAB) menjadi faktor yang penting untuk menentukan Unique Selling Proposition. Kita harus bisa memilih feature yang tepat untuk Manfaat yang relevan dengan Konsumen kita.

 

Cake dengan feature tekstur yang padat dengan kandungan lemak yang tinggi relevan untuk kebutuhan konsumen yang mau memulihkan energi dan rasa lapar.

 

Feature tekstur lembut dengan kandungan rendah lemak relevan dengan kebutuhan konsumen yang mengisi waktu senggang “Me Time”.

 

Inilah gunanya 15 Langkah Bisa Bikin Brand, yang akan memandu kita mulai dari Product Insight hingga menciptakan Product Category.

 

Tentukan Product Category, pilih pesaing dalam Market Category dan inilah momen untuk menciptakan Produk Terbaik yang bikin Kompetitor Tak Relevant.

 

Jadilah satu-satunya dalam Product Category

𝘐 𝘋𝘰𝘯’𝘵 𝘛𝘩𝘪𝘯𝘬 𝘪𝘯 𝘛𝘦𝘳𝘮𝘴 𝘰𝘧 𝘔𝘢𝘳𝘬𝘦𝘵 𝘚𝘩𝘢𝘳𝘦𝘴, 𝘐 𝘛𝘩𝘪𝘯𝘬 𝘪𝘯 𝘛𝘦𝘳𝘮𝘴 𝘰𝘧 𝘜𝘴 𝘔𝘢𝘬𝘪𝘯𝘨 𝘛𝘩𝘦 𝘉𝘦𝘴𝘵 𝘗𝘦𝘳𝘴𝘰𝘯𝘢𝘭 𝘊𝘰𝘮𝘱𝘶𝘵𝘦𝘳𝘴 𝘪𝘯 𝘵𝘩𝘦 𝘞𝘰𝘳𝘭𝘥, 𝘢𝘯𝘥 𝘐𝘧 𝘞𝘦 𝘤𝘢𝘯 𝘋𝘰 𝘛𝘩𝘢𝘵, 𝘐 𝘛𝘩𝘪𝘯𝘬 𝘖𝘶𝘳 𝘔𝘢𝘳𝘬𝘦𝘵 𝘚𝘩𝘢𝘳𝘦 𝘞𝘪𝘭𝘭 𝘎𝘰 𝘜𝘱 (Steve Jobs, 1999)

Penulis : Jf Sebayang