KILL YOUR PRODUCT, DONT KILL YOUR BRAND.

subiakto.com. Mengapa?

Produk boleh berganti. Tapi Brand long lasting.

Contohnya Kodak. Kodak gak jualan Film roll. Kodak menjual ‘Memory’.

Kisah Kodak dalam menemukan kamera digital adalah sebuah cerita tentang inovasi yang pada akhirnya berujung pada ironi industri.

Pada tahun 1975, seorang insinyur Kodak bernama Steven Sasson menciptakan kamera digital pertama. Kamera ini sangat primitif menurut standar sekarang, dengan resolusi hanya 0,01 megapiksel (10.000 piksel), dan membutuhkan waktu 23 detik untuk merekam sebuah gambar ke pita kaset digital.

Gambar tersebut kemudian bisa ditampilkan di televisi monokrom.

Meskipun kamera digital Sasson merupakan terobosan, Kodak pada saat itu tidak mengutamakannya, karena perusahaan tersebut didominasi oleh bisnis film fotografi yang sangat menguntungkan.

Kodak pada dasarnya telah menciptakan teknologi yang akan mengganggu bisnis inti mereka sendiri. Alih-alih memelopori dan memanfaatkan teknologi kamera digital yang mereka ciptakan, Kodak memilih untuk fokus pada penjualan film, yang merupakan sumber pendapatan utama mereka. Selama beberapa dekade berikutnya, saat kamera digital menjadi lebih populer dan teknologinya berkembang,

Kodak berjuang untuk beradaptasi dengan pasar yang berubah. Meskipun mereka akhirnya memasuki pasar kamera digital, upaya mereka datang terlalu lambat dan tidak cukup inovatif untuk bersaing dengan perusahaan lain yang lebih cepat mengadopsi dan mengembangkan teknologi digital.

Ironisnya, keengganan Kodak untuk beralih dari bisnis film fotografi ke digital pada akhirnya berkontribusi pada penurunan mereka. Pada tahun 2012, Kodak mengajukan perlindungan kebangkrutan Chapter 11, menandai penurunan drastis dari posisi mereka sebelumnya sebagai salah satu perusahaan paling terkenal dan inovatif di dunia fotografi.

Kisah Kodak sering dijadikan studi kasus tentang pentingnya inovasi dan adaptasi dalam menghadapi perubahan teknologi.

Follow @subiakto dan @pakbi untuk bisa bikin brand

#brand
#branding
#brandpositioning
#shortcutbranding